tips: mendelegasikan tugas

dari milis... bagus juga nih buat para bos... hehehe

Berhati-hatilah dalam mendelegasikan tugas, agar hasilnya tidak menjadi bumerang
atau jauh dari harapan. Penyebabnya tidak selalu pada orang yang Anda tugaskan. Tapi bisa jadi Anda sendirilah yang kurang jelas dalam memberikan instruksi. Atau, pesan yang Anda sampaikan masih kurang dimengerti olehnya. Untuk itu, agar pendelegasian tugas berjalan lancar dan hasilnya memuaskan seperti yang Anda harapan, perhatikan beberapa petunjuk di bawah ini:

Tentunya, jangan pernah beranggapan, bahwa Anda bisa mengerjakan semuanya sendirian saja. Jika Anda terserang sindrom ini, berarti Anda bukanlah pimpinan yang baik. Anda akan terjebak pada perasaan bangga yang berlebihan. Akibatnya, hal ini akan mempengaruhi anak buah Anda. Mungkin anak buah Anda akan bekerja’sekenanya’, karena menganggap Anda dengan mudah akan memperbaiki pekerjaannya. emoticon

Sebelum Anda memberi tugas, buatlah daftar keinginan Anda. Mungkin tindakan ini terkesan ‘kerajinan’, tapi daftar ini akan membantu memperjelas keinginan Anda. Sehingga Anda lebih mudah mengekspresikan keinginan dengan kata-kata pada anakbuah.

Mintalah pada anak buah, untuk mengulangi apa yang dia dengar atas perintah Anda. Bukan mengulangi kata-kata yang telah Anda ucapkan. Sehingga Anda yakin,bahwa instruksi Anda cukup jelas sampai di otaknya.

Jangan menjadi bos yang perfeksionis emoticon. Jika tugas yang dikerjakan anak buah kurang sempurna atau tidak sesuai harapan, jangan mengumpat dan mengeluh panjang lebar. Lebih baik Anda mengajaknya berdiskusi dan membicarakan kekurangannya dalam mengerjakan tugas. Sehingga, selain ia akan memahami kesalahannya, Andapun bisa mengetahui di mana letak kekurangannya.

Berikan tenggang waktu atau ‘deadline’ yang jelas. Katakan bahwa hari ini, tanggal sekian, jam sekian, ia harus sudah menyelesaikan tugas tersebut. Bila ia tidak bisa menyelesaikan tugas dalam tenggang waktu yang ditentukan, lakukan negosiasi ulang mengenai batas waktu. Jika negosiasi waktu tidak mencapai kesepakatan, dikarenakan ia banyak pekerjaan penting, berikanlah tugas tersebutkepada anak buah yang lain.

Buat daftar penugasan yang lengkap, berisi tugas apa saja yang Anda berikan pada anak buah, siapa yang Anda tugaskan dan kapan batas waktu penyelesaian tugas. Kemudian simpan dengan baik salinan catatan instruksi ini. Sehingga suatu saatAnda membutuhkannya, Anda tak perlu repot bertanya ke sana kemari.

Tanyakan perkembangannya. Jika Anda memberi tugas dalam waktu satu minggu jangan
menanyakannya saat mendekati’deadline’. Tanyakan perkembangannya setelah dua atau tiga hari Anda memberikan tugas. Dengan demikian, selain Anda mengingatkan akan tugasnya, Anda pun dapat mengontrol sejauh mana ia mengerjakan tugas tersebut.

Berikan kebebasan pada anak buah untuk memakai metodenya sendiri. Selama hasil akhirnya sesuai dengan keinginan Anda, tentu saja tidak masalah bukan? Justru dengan memberikan kebebasan pada anak buah, mereka menjadi lebih kreatif dan produktif. Terakhir, jangan ragu memuji anak buah jika hasil kerjanya bagus, meskipun itu hanya sebuah tugas kecil. emoticon Walau terdengar sepele, tapi pujian yang keluar dari mulut bos bisa memotivasi dan melecut semangat anak buah untuk bekerja lebih baik lagi. Sehingga, antara bos dan anak buah akan tercipta kerja
sama yang akan berbuah kesuksesan. ©

Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: