Kenangan Kenanga

Bunga apa yang kamu sukai?

Buat saya, kenanga adalah bunga tercantik yang pernah saya temui. Linneaus memberinya nama internasional Cananga odorata L. Tercatat sebagai anggota keluarga tanaman primitif, satu ordo dengan Magnolia, bunga ini memiliki filosofis yang mendalam. Setidaknya bagi saya.

Terlahir dengan warna kehijauan, tentu saja kuntum kenanga tersamar dengan baik di antara rimbun daun. Menyiratkan keinginannya untuk tak tertangkap mata secara gamblang. Tapi, seperti melati yang menebar wangi, kenanga menyimpan keharuman yang luar biasa. Pantas lah ia menyandang nama belakang "odorata".

Kuntum kenanga yang tak berwarna cerah seperti bunga lain, dianugerahi kandungan minyak atsiri yang sarat manfaat. Pecinta minyak terapi aroma tentu mengenal dengan baik label "ylang ylang", yang tak lain merupakan hasil destilasi dari kuntum kenanga. Ylang ylang biasanya diaplikasikan untuk meredakan stress. Di tanah air, mahkota kenanga juga umum ditebar dalam campuran bunga tabur, baik di kamar pengantin maupun air kembang yang disiramkan ke tanah makam. Kegunaan lain bunga kenanga juga sebagai penawar racun serangga. Semasa kecil, saya kerap "memborehkan" remasan bunga kenanga pada kulit yang diserang gigitan semut api. Manjur dan wangi tentunya .. :-)

Waktu kecil, pekarangan rumah keluarga kami juga ditumbuhi kenanga. Sama seperti daun sirih, tanaman ini kerap menjadi salah satu perekat keakraban kami dengan tetangga karena setiap ada kebutuhan untuk nyekar, dengan senang hati kami berbagi pada tetangga.

Saya ingin seperti kenanga. Tak terlihat, tapi menebar kebaikan dan guna bagi sesama.
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

6 comments:

Anonymous said...

Bunga kenanga dulu ada 1 pohon lumayan tinggi pohonnya, bunganya banyak, sering juga diminta tetangga buat nyekar, pernah dipake ama salah seorang teman yang bali untuk kebutuhan ibadahnya, oiya yang paling sering sih di buat minyak rambut ama nenek *lupa cara mengolahnya* tapi dulu dibuat sendiri...:)

e-no: si nagacentil said...

@tika kalo ga salah cukup dicampur sama minyak kelapa yang buatan sendiri deh. Tapi gw ga nahan mambune ra kepenak heuheuheu

Anonymous said...

aw.. aw.. aw..
bunga kenanga ya..
mim suka bunga yg warnanya ungu kya anggrek *ga da filosofi2nya ya* hahaha..

lukmandisini said...

kalo bunga bakung? *nyelem*

nuuii said...

kalo gw suka bunga teratai, tidak wangi tapi seneng banget kalo lihat teratai di kolam berasa ademm :D

salam kenal ya e-no :)

e-no: si nagacentil said...

@mima itu kan soal selera. terserah anda hehehe
@lukmandisini : bunga bakung putih, mendalam maknanya (T_T)

@nuuii : teratai a.k.a seroja itu bunga Budha kan?