Cinta, Cemburu, Curiga

Cemburu belum tentu karena cinta, cemburu itu tanda insecure (Chichi, blogger).


Buat yang punya pasangan, cemburu udah pasti jadi bumbu dalam hubungan. Kata orang jaman dulu siiiih cemburu itu karena kita cinta. Tapi apa iya? Ibarat garam, cemburu emang bikin sedap dalam kadar secukupnya. Tapi kalo terus-terusan? Hmmmmm... siap-siap kena serangan hipertensi dan jantung yak!


Saya jadi inget curhatan seorang temen yang--entah kenapa-- selalu jadi korban cemburu dari pria yang udah punya pasangan, either itu menikah atau pacaran. Iya, gak ngerti kenapa para pria itu kok ya bisa akrab dan "lengket" sama dia. Padahal, dia gak ngerasa cantik (yang sering dituduhkan jadi daya pikat utama buat kaum Adam). Saya lirik dia, ehm iya juga sih kalo standar cantik itu kayak di iklan yang tinggi-putih-langsing-berambut hitam panjang lurus, maka temen saya itu cuma memenuhi dua syarat: cukup tinggi dan langsing. Putih? Lha kulitnya tuh ya Indonesia banget alias sawo mateng pohon. 


Dan, karena lumayan sering jadi tempat sampah curhatnya soal para pria itu, saya jadi memerhatikan perempuan-perempuan pencemburu di baliknya. Ada yang salah dengan mereka kah? 


Perempuan pencemburu pertama: punya syarat seperti diajukan agensi model dan berprofesi SPG. 
Perempuan pencemburu kedua: pinter, berwawasan luas, dan kritis, meski secara fisik biasa aja.
Perempuan pencemburu ketiga: ber-body curvy, jelas berkulit putih dan berwajah cantik, cerdas, pleus berasal dari keluarga terpandang.


So, kenapa musti cemburu ama gue? Apa gue musti operasi jadi jelek gitu? Keluh temen saya.


Saya lantas mengamati, apa yang bikin para pria tertarik dan akrab pada teman saya itu? Yak, sebagai teman yang baik tentu aja saya akhirnya menemukan beberapa alasannya. 


Tampang cantik, bukan jaminan pasangan bakal setia. Si pacar SPG rupanya bosen setiap ngobrol sangat gak nyambung, sementara dengan temen saya dia menemukan kenyamanan saat ngobrol. Nyambung terus, kayak slogan provider seluler.


Pacar si cerdas, jelas mengakui intelektualitas kekasihnya yang juga pewarta di harian ternama ibukota. Tapi, tentu aja dia ego kelelakiannya meminta porsi yang gak selamanya superior. Pengen juga gitu sekali-kali do crazy things dan ketawa ngakak, itulah yang dirasakan ketika dia sekali jalan bareng temen saya.


Pacar si curvy alias Nona Sempurna, hmmmm dia punya segalanya terus kenapa musti cemburu sama temen saya? Apa gitu yang dia gak punya? Hanya aja, sekilas lintas saya kenal dengan si cantik, terendus aroma arogansi. Wajar, she has everything. Sementara temen saya itu meski saya tau dia juga punya "sesuatu" yang dibanggakan, tetep low profile high profit. Bisa jadi, di depan temen saya itu si pacarnya Nona Sempurna bisa menghalau inferioritas dirinya. Iya, si Nona Sempurna ini emang populer luar biasa. Sementara pacarnya, pria sederhana berwajah kharismatik. Eyaaaa kenapa jadi ikutan muji hihihi...


Setiap orang, adalah sempurna. Seperti sabda Tuhan ketika menciptakan manusia: dalam bentuk yang sempurna. Selebihnya, kita sendiri yang membuatnya jadi kurang sempurna melalui attitude yang mungkin mengurangi poin kesempurnaan kita.


Alih-alih menyemburui temen saya, mustinya si SPG bisa megimbangi obrolan dengan sang pacar. Ketimbang jealous tiada tara pada temen saya, seharusnya si wartawati sesekali "down to earth" dengan kegiatan menyenangkan yang dimaui kekasihnya. Dan.... kalo aja si Nona Sempurna mau merendahkan diri hatinya, daripada nyemberutin temen saya yang udah berusaha jaga jarak sama pacarnya ituh, bisa jadi dia makin bikin pacarnya klepek-klepek. 


Adhitya Mulya (ini bener gak nulis Adhitya-nya ya?) dalam novel laris Jomblo menulis alasan kenapa seorang selingkuh: pasangannya yang gak sempurna, atau justru dia lah yang ngerasa gak sempurna. Iya, ini diungkapkan Agus yang cupu tapi bisa punya pacar dua nan cantek-cantek. Maafkan saya yaaa kalo salah mengutip, udah lama gitu bacanya .... (--")


Back to topic, jadi ya menurut saya sebelum kita "melabrak" perempuan lain yang kita curigai merebut perhatian si pacar, coba deh ambil cermin introspeksi. Iya, cari tau apa ya yang bikin si pacar kok perlu ngelirik perempuan lain. Pasti ada yang salah dari diri kita. Kalo bahasa medisnya mah ketimbang melakukan sterilisasi dan proteksi, mending kita pertebal keimanan imunitas alias perbagus diri sendiri. Kalau si pacar masih juga kepincut cewek lain? Bye bye aja... Itu mah P-L-A-Y-B-O-Y *sambil berubah jadi 7icons*


So, apakah setelah ini kamu bakal ngeborgol tangan pacar biar dunia tau dia pacarmu?


image source: googling dan gak nemu sumber aslinya, maafkan saya (--")

Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

8 comments:

indobrad said...

sebagai cowok gw sih menikmati aja dicemburuin #eh #dibekap

cK said...

been there. maksudnya jadi pihak yg dijelesin. :))

unggulcenter said...

Saya selalu kasih tau ke bini kalau ada cewek cantik dan saya liatin hihi.. alhasil kena cubit, jewer dan seterusnya. Tapi tak masalah daripada gak jelas.

Biasanya sih biar jadi pecutan (halah bahasanya) buat bini biar ya paling ngga niru sedikit 'kelebihan' dari cewek yg saya sebutkan hehehe.. yg penting sih udah tak sampekan :P selanjutnya terserah anda eh terserah dia.. paling banyak sih kena cubit hihi..

IndahJuli said...

benar nih temanmu yang ngalamin, atau pengalamanmu sendiri, hehehe :)

Kirana said...

hmm, kalau tentang para istri: kl mau keluar rumah dandan n pake baju seksi, kl di depan suami pake daster rapet banget plus bau keringet. na'udzubillahi min dzalik. moga-moga saya ga kaya' gitu.

Tirae Jannah said...

Betapa indah jika ada yang cemburu ke kita :)

Ceritaeka said...

Hmmm selalu berprinsip kalau ada yg ngelirik org lain, bukan ngurusi pihak ketiga tapi memperkuat internal relationship dulu sama pasangan. Mau ngomel2 kayak apa sama pihak ketiga kalo pasangan maunya ke dia ya percuma...
Kalo udh diperkuat hubungannnya msh selingkuh juga berarti ya cuma segitu kualitas pasangannya...

*komen susaaah pa ayah pake jeff*

Andy said...

Namanya juga cinta kadang pasangan kita terlalu protect & posesif