Aku Mau (Anak) Cerdas

sumber: SuperkidsIndonesia.com
Sebelum jadi emak, persiapkan dirimu dengan ilmu parenting. Terutama yang menyangkut gizi buat anak di tahun-tahun emasnya. Ini serius lowh!

Yang udah jadi ortu pasti ngerasa banget kalo punya anak cerdas itu bener-bener jadi kebanggan tersendiri. Rasanya pengen dipamerin ke seluruh dunia. Piagam lomba, piala, nilai rapor kalo perlu dipajang di ruang tamu dan dipamerin ke siapa aja yang datang. Semacam punya tipi layar datar B&O aja bangganya...

Bukan nyinyir, tapi faktanya memang demikian. Ibu saya bangga banget waktu di umur 4,5 tahun saya udah fasih mengeja huruf dan menyusun aksara menjadi nama-nama orang terdekat. Ish maaf ya, saya emang bukan manusia jaman milenium yang masuk SD musti udah punya sertifikat calistung dari TK. Lha mau masuk TK aja belum ada yang buka hahahaha... *tuwak* Back to the story, meski ber-body ceking nan kecil macam Miiko (sampe kelas IV SD tinggi badan cuma 124cm dengan berat gak lebih dari 30kilo hahaha) nyatanya kedua ortu saya nggak terlalu galau tuh urusan fisik saya. Soalnya buat mereka yang penting itu adalah nilai-nilai rapor saya selalu bagus. Gak jauh-jauh dari ranking 1-2 lah. Sekalinya jeblok ke ranking 3 gara-gara sempet sakit panas seminggu lamanya dan absennya jadi jelek...

Satu hal yang selalu dibanggakan ibu saya adalah, meski jarang banget makan daging atau ayam (yang di masa itu dianggap sangat baik gizinya) nyatanya saya tetap bisa mengukir prestasi *mengepalkan jari tangan ke udara*. Nah, terkait per-gizi-an itu saya merasa perlu sekali buat para ortu mengetahui apa aja yang musti dikonsumsi anak.  Terutama di masa-masa kejayaan awal pertumbuhan yang biasa disebut golden age ituh. Apa itu golden age? Mending cek aja di sini deh ya, soalnya kalo dibahas di tulisan ini bisa berjilid-jilid *lebay*. 

Ternyata eh ternyata, banyak sekali kebiasaan ortu yang kurang tepat dalam menyediakan nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Misalnya nih ya, ortu seringkali menyerahkan pilihan menu makan pada anak. Kalau anak maunya chicken nuggets ya udah lah demi memuaskan hasrat makan dan kebutuhan "gizi" anak chicken nuggets lantas selalu ada di piring bersanding dengan nasi. Duh 8'( 

Kalau inget masa kecil saya, sungguh beruntung ibu masih sering menyajikan beragam sayuran dalam piring makan saya. Seminggu sekali ayam jadi konsumsi, merayakan liburnya bapak sehingga setiap hari minggu adalah hari istimewa karena kami sekeluarga makan "enak". Selebihnya menu-menu seperti sayur bayam pleus ceker (yang belakangan diketahui ternyata banyak banget manfaatnya buat kesehatan antara lain bikin awet mudah), urap sayuran yang sekarang bisa dibilang "ajaib" kayak kembang turi, dan tentu saja favorit saya: tempe! Hasilnya nyata: sebelum masuk SD saya udah lancar membaca dan bisa masuk sekolah favorit karena nilai-nilai selalu bagus hahahaha *jumawa*.

Dari pengalaman tersebut, sebetulnya untuk "menciptakan" anak cerdas gak susah kok. Selain stimulus berupa kebiasaan-kebiasaan seperti mengajak ngobrol, membaca buku bersama (sekarang banyak buku untuk batita yang lucu-lucu), banyak beraktivitas luar ruang seperti main sepeda atau kalau punya hewan peliharaan ajak jalan-jalan, yang penting banget memang makanan. Nggak harus mahal, tanah air kita sendiri udah kaya raya banget berjenis-jenis sumber nutrisi. Roti gandum memang sehat, tapi kita juga punya ubi jalar dan ubi ungu yang gak kalah sehat pleus mengandung antioksidan. Tau lah yaa gunanya antioksidan buat tubuh.  Satu lagi, karena masih masa pertumbuhan nggak perlu lah membatasi anak dalam hal porsi makan secara berlebihan. Dengan catatan: anak musti aktif bergerak. Jadi inget ponakin yang makannya gila-gilaan: habis seporsi nasi+sayur+lauk trus gak lama kemudian dia asyik ngemil donat atau biskuit. Waduh... tapi ya enggak jadi gendut karena hobi main sepeda sih (atau nurun gen tanteu-nya yang langsing abadi meski makan segambreng? ^___^)

BTW sebelum lupa, ketika memilih jenis makanan buat anak musti dicek kandungan nutrisinya deh. Karena otak adalah pusat kecerdasan, pastiin ada yang namanya kolin, prebiotik FOS dan GOS, sama antioksidan.  Kolin itu perlu banget buat kelancaran komunikasi dan transfer info antar sel saraf di otak. Aaah jadi inget kuliah fisiologi lagi kan huhuhu.... Trus, ngeceknya gimana? Ya googling dong. Kan emak-emak 2.0 heuheuheu.... Kalo yang namanya antioksidan itu selain ada di sayuran dan buah-buahan yang warna-warni macam pelangi juga ada dalam susu sih. Jadi, bolehlah memasukkan susu dalam menu harian anak sebagai salah satu sumber protein hewani dalam sajian harian selain buah dan sayuran. Okesip?

Sekarang mari kita bikin anak (cerdas) #eh...

Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: