Thursday, August 13, 2015

Love 15 You!

Kapan kamu terakhir kali nonton konser musisi Indonesia?

Saya tadi malam, bareng partner-in-crime yang emang music enthusiasts jeng Eka si pemilik akun @ceritaeka buat jadi saksi lima belas tahun si ganteng Rio Febrian berkarya =) 

Tiket menuju jejingkrakan... untuk kemudian melow!


Ketika isu jebolan Asia Bagus ini bakal bikin konser tunggal di Jakarta berhembus di radio ads, yang terbayang di kepala saya adalah belasan hits romantis melankolis bakal jadi sajian sepanjang pertunjukan. Siap-siap aja deh tisu dan pundak buat nadahin air mata. Ternyata, saya salah duga hehehe... 

Melar tiga puluh menitan dari jadwal, konser bertitel Love 15 (dibaca: Love Is) ini langsung mengajak penonton jejogetan dengan musik menyentak. Lumayan lah ya biar semangat setelah nunggu lama (dan lapar! Iya, bela-belain gak makan biar gak telat dan dapat posisi strategis depan panggung). Selain melantunkan lagu dari album-albumnya, Rio Febrian juga memainkan dua tembang milik musisi lawas legendaris Koes Plus dan Fariz RM. Why Do You Love Me yang melaw, serta Nada Kasih (dulunya dinyanyiin Fariz RM-Neno Warisman, remake versi Rio duet bareng Ezra Fahira kalo gak salah). 

Rio juga mengubah aransemen hits melankolisnya seperti Tiada Kata Berpisah yang dibuat nge-beat buat jejingkrakan disko. Tetep asyik! Surprise manis, ketika Rio mendatangkan Glenn Fredly, sahabatnya, secara live buat berduet dan mengenang belasan tahun silam saat bapak dua anak ini pertama kali menerjuni dunia tarik suara. Kemudian jeritan histeris pun membahana dialamatkan pada Glenn...

Duet yang sempurna buat mengundang histeria


Selain Glenn, Audy juga ikut menyumbang lagu "Janji Di Atas Ingkar". Ibu muda ini masih prima aja suaranya lho! Dua nama beken di balik papan kunci yang juga bikin penonton histeris adalah Andy Rianto dan Yovie Widianto. Pasti kenal dong sama mereka? 

Audy ikutan nyanyik
Bagian paling nyebeliin adalah ketika Rio melempar handuk (bekas lap-lap keringetnya hahaha!) dan ditangkap dengan sempurna oleh Eka hahaha.... Selamat ya Ka, kebaikan hatimu berbagi tiket konser dibalas dengan memorabilia tak ternilai ini. Selain handuk, belasan tangkai mawar putih juga disebarkan, dan lagi-lagi saya gak kebagian huhuhu *nunduk sedih*.

Secara keseluruhan, meski nggak semua lirik lagu Rio Febrian saya hapal luar kepala (salim ke Rio) konsernya cukup menyenangkan. Bisa nyanyik bareng idola tanpa jarak yang berarti dan crowd yang tertib itu asyik lho! Jadi nyesel kenapa konser di tiga generasi sebelumnya saya memilh di tribun, histerianya kurang berasa hahaha...

Jawil dagunya si mz dulu ah 



Monday, August 10, 2015

Meet The Cat Daddy

Ternyata ya, rockstar jaman sekarang itu nggak melulu musti seleb dengan muka kiyut macam OneDi Ansel Elgort. Seorang Jackson Galaxy, yang berbadan gede dan tatoan (tapi perhatian banget sama kucing!) juga menjadi idola baru anak muda Jakarta. Setidaknya kelihatan banget di event jumpa host My Cat From Hell di Gandaria City dua hari kemarin.

Pelanggan Animal Planet di tipi kabel pastinya familiar dengan lelaki botak berkacamata ini yang setiap Rabu malam menyapa penyuka kucing ini. Nggak punya tipi kabel? Coba klik di sini buat ngintip apa aja yang dipaparin mas Cat Behaviorist asal negeri Paman Sam ini. Lewat tayangan ini kamu akan tahu gimana seharusnya memperlakukan kucing dengan baik dan benar =3 

Bisa foto bareng mas Jackson! 

Lucky me, bisa ketemu langsung dengan Galaxy. Mendengarkan paparannya soal mahluk berbulu yang dikenal manja (dan sedikit culas tapi menggemaskan!). Ternyata nggak sedikit lho salah kaprah yang telanjur mengakar seputar perawatan dan perlakuan pada si kucing. Misalnya aja soal makanan, Galaxy menegaskan bahwa sejatinya kucing adalah pemburu sehingga udah dari sononya mereka adalah karnivora alias pemakan daging. Jadi, kalau kamu sayang kucing jangan memberi mereka makanan manusia. Eh, ada lho salah satu klien Galaxy yang suka share donat ke kucingnya. Katanya nggak tega, pas lagi mama si kucing cuma bisa memandang. Padahal, memberikan makanan tinggi kadar gula ke kucing berisiko menyebabkan si kucing jadi liar tak terkendali. Nah lho!

Sebagai karnivora, kucing juga sebaiknya mengonsumsi wet food (semacam ikan atau daging segarlah!) bukan dry food alias makanan kucing pabrikan. Kalau manusia aja musti mengurangi processed food, mustinya kucing juga ya?

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan manusia adalah menganggap kucing sebagai mainan atau lebih parah lagi boneka tak bernyawa yang bisa diperlakukan seenaknya. Padahal kucing juga punya rasa, eh gimana? Pelajari bahasa tubuh kucing supaya kamu nggak menjadi korban cakaran atau bahkan gigitan mereka. Kalau anjing mengibaskan ekor tanda bahagia, nggak demikian dengan kucing. Justru kucing memberikan sinyal "senggol bacok" lewat kibasan ekornya. Juga, ketika mereka telentang pasrah bukan berarti kamu boleh unyel-unyel area udelnya lho, mereka bisa sebel. Posisi itu menandakan kucing udah trust sama kamu dan merasa aman tentram bahagia. Jangan rusak dengan menyentuh perutnya ya. Iya. 

Suka heran sama kelakuan kucing sekarang yang nggak napsuan sama tikus? Ternyata salah satu penyebabnya adalah perlakuan kita yang jarang ngajak kucing main. Seharusnya kucing tetap diperlakukan sesuai habit-nya di alam liar, ajaklah main tikus-tikusan biar si kucing tetap lincah dan reaktif saat melihat kerabat Mickey Mouse. 

Buat kamu yang beneran pengen miara kucing, Galaxy dalam salah satu episode programnya juga menayangkan desain rumah ramah kucing. Ide ini dituangkan dalam bukunya. Ehm jangan tanya saya ya di mana belinya hehehe...


Demi kesehatan si mpus, kalau kamu punya kucing cewek sebaiknya lakukan sterilisasi saat si kucing masih muda belia. Eh ternyata umur lima bulan meong udah bisa hamil! Ini umur ideal buat mengebiri kucing betina. Selain mencegah over-populasi kucing yang udah banyak, steril juga membantu mengurangi risiko kanker pada si manis. 
Menutup rangkaian jumpa fans, Galaxy juga nitip pesan buat penyayang kucing yang belum sanggup memelihara atau adopsi kucing liar. Kalau ada rejeki lebih, alokasikan buat sterilisasi para kucing betina. Ini lebih baik daripada membiarkan bayi-bayi kucing tersia-siakan. Di Indonesia, ada kok organisasi yang salah satu kegiatannya adalah sterilisasi kucing. Kamu bisa membeli pernak-pernik mereka untuk donasi.


Nah gimana, udah dapat pencerahan soal perkucingan?


Monday, August 03, 2015

HolyRibs: Surga Kedua Bagi Karnivora

Nambah lagi nih tempat makan enak di Jakarta...

Buat para karnivora, selain steak pastinya iga menjadi salah satu materi konsumsi yang masuk daftar must-eat-items. Setelah namanya wara wiri di linimasa, HolyRibs yang nggak lain adalah adik bungsu dari Holycow Steak cukup membuat saya penasaran. Apa sih yang spesial dari warung besutan duo Lucy Wiryono dan Chef Afit ini? Menuntaskan rasa ingin tahu tersebut, tentu saja cara terbaik adalah menyambanginya dengan perut berkapasitas lega...

Signage bernuansa kayu jadi penanda keberadaan HolyRibs

Terletak di kawasan Kebayoran Baru yang memang kesohor sebagai salah satu paradiso kuliner Jakarta, HolyRibs memang memiliki konsep yang berbeda 180 derajat dengan HolyCow. Eksterior dan interior HolyRibs didominasi kayu dengan desain warung makan simple khas Amerika.. Agak sedikit sulit dikenali kalau kamu berkendara di malam hari sih, kecuali kamu mengandalkan Waze atau pernah mampir ke HolyGyu. Iya, kalau nggak salah HolyRibs memang menempati area HolyGyu...

Tampak depan, mungkin di peak hours jadi ruang tunggu buat waiting list ya

Dapurnya transparan!
HolyRibs menerapkan konsep open kitchen sehingga kita bisa "mengintip" mereka mengolah iga jadi berbagai sajian enak seperti terpapar di buku menu ini:

Cek menunya, pilih yang kamu suka
Meski mengusung nama iga sebagai magnet, HolyRibs juga menyajikan steak ala HolyCow. Jadi, kalau kamu nge-date bareng carnivore yang cinta mati sama HolyCow nggak perlu debat panjang ya karena HolyRibs mengakomodir keinginan kamu berdua =") 

Seperti saudaranya, HolyRibs juga memberikan pilihan mashed potato atau french fries dalam setiap menunya. Bedanya, di HolyRibs porsi sayuran diganti dengan coleslaw alais salad kol dingin yang segar. Dan, untuk menu iga kamu bisa memilih makan cantik alias boneless ribs atau nikmati saja dengan tulang-tulangnya yang artistik. 

Menu pilihan saya adalah #HR Signature Fried Backribs alias iga goreng yang dari namanya mencerminkan kalo menu ini jadi andalan. Ini dia penampakannya:

Iga goreng yang juicy dan nggak berminyak
Menu ini berisikan iga goreng yang dagingnya--entah diapain--jadi lembut banget dan bersahabat bagi pemakai kawat gigi. Rasanya gurih, Indonesia banget! Yang menyenangkan, iga goreng ini sama sekali nggak berminyak. Semangkuk saus BBQ jadi teman cocolan yang justru sedikit banget saya sentuh karena gurihnya daging iga ini udah cukup lezat dinikmati tanpa saus.

Di daftar menu boneless, ada daging iga tanpa tulang yang dibakar dan kuat citarasa manis. Di daftar menu, kamu bisa menemukannya dengan nama US Beef Intercostal. 

Pilihan buat yang lebih suka makan cantik

Dengan ukuran 300gram, US Beef Intercostal memang terlihat lebih sedikit ya daripada #HR Signature Fried Backribs yang cuma sepertiganya? Iya, karena iga gorengnya bonus tulang gitu lho... hehehe nggak penting =))

Sebagai #teamAsin tentu saja saya akan memilih iga goreng HR. Sesuai dengan namanya, signature, layak kamu coba. Meski saat makan saya akan mengabaikan saus BBQ karena terlalu manis di lidah sih. Sekali lagi ini soal selera ya. Ketika serat iga goreng ini terburai oleh garpu saat menyantap, entah kenapa dalam imajinasi liar saya tergambar sambal cabe ijo ala Padang sebagai cocolan atau mungkin sambal matah yang juga pernah jadi cocolan andalan sepupunya si Loobie Lobster. 

Kita tunggu yaaa inovasinya =D 




Friday, July 03, 2015

Belajar Bikin Sushi

Suka sushi?


Hal mengagumkan dari nasi gulung khas Jepang ini adalah kombinasi sempurna antara rasa dan tampilan. Selain cantik di mata, sushi juga menyenangkan bagi lidah dan cukup buat memenuhi rongga perut (di piring ke berapa? hahahaha)

Jumat kemarin, di acara re-launching L'OrĂ©al 1 Minute Hair Mask bonus tambahan selain ngobrol-ngobrol cantik soal perawatan rambut, kami juga bisa mencicipi langsung cara bikin sushi dalam satu menit. Yeeehaaaa! Balapan bikin sushi vs hairmasking nih! 

Membuat sushi ternyata nggak susah. Memang sih ada trik tersendiri dalam hal mengatur jumlah nasi yang akan dicetak, meletakkan isian, sampai memotong sushi jadi bite size.



Namanya juga sushi chef, tantangan satu menit bener-bener berhasil dipenuhi! 
Mula-mula, nasi sushi yang udah disiapkan ditakar sebanyak sekepalan tangan. Kemudian diletakkan di atas bambu yang bakal jadi cetakan sushi. Jangan lupa tempelkan nori ya... 


Kemudian, letakkan isian yang kamu suka di atas nasi yang sudah diratakan pada bambu. 



Menggulung sushi cukup dua kali, tekan-tekan sedikit agar sushi jadi padat. Nah, setelah tergulung rapi siapkan pisau khusus buat motong. Oh ya, part ini juga ada triknya supaya hasil irisan sushi rapi lho. 


Setelah mendengarkan arahan dan ngamatin satu-satu cara sushi chef beraksi, akhirnya saya berhasil bikin sushi sendiri..... dengan kecepatan menyamai creambath di salon hahaha. Namanya juga belajar.

Dan inilah sushi hasil bikinan saya! Kayak semangka ya? Tau nggak komposisinya apa aja? ^^



Wednesday, July 01, 2015

Satu Dekade Festival Jajanan Bango


Nggak terasa ya FJB udah masuk satu dasawarsa! Ketika akhirnya saya punya kesempatan makan –siang-terakhir-sebelum-puasa tahun ini, FJB adalah destinasi buat memanjakan perut dan mensukseskan program #MenujuLangsing.

Transformasi FJB dari tahun ke tahun memang menunjukkan progress yang berarti. Saya ingat, pertama kali ke hajatan penuh jajanan ini antusias publik belum segila sekarang.  Masih bisa leluasa bolak-balik menambah porsi makan. Mungkin karena waktu itu, sekitar 2010, FJB digelar dalam beberapa hari? Lupa. Yang saya ingat makanannya enak-enak semua hahaha...

2010...

Kumpulan jajanan nusantara yang difasilitasi oleh Bango ini nggak diragukan lagi menjadi semacam surga kuliner. Dan antrian panjang adalah indikasi betapa gerai rujak cingur asal Surabaya begitu dinanti. Otentik banget, bumbu rujak yang dicampur petis diulek langsung dalam cobek raksasa. OK ini lebay! Kekurangan dari FJB kala ini adalah penggunaan styrofoam sebagai alas makan.

Lima tahun lalu... Ihiy! 
Syukurlah di 2014 Bango melakukan perbaikan dengan mengganti piranti makan menggunakan bahan yang lebih reusable.  Tatanan gerai pun lebih rapi dan terpusat, lebih gampang nyarinya hehehe... Dan tentu saja makin banyak gerai jajanan bergabung menyemarakkan! Kenyang!

2015...

Jakarta menjadi kota penutup rangkaian FJB. Diadakan menjelang Ramadan, tumpah ruang penikmat kuliner memenuhi parkir barat Senayan. Perbaikan terus ditambahkan, termasuk fasilitas air minum gratis dari Pure It yang tersedia di berbagai sudut. Horeee... tinggal bawa tumbler dan siap-siap usir jauh dehidrasi!

Puas-puasin isi tumbler dengan air minum! 

Kesigapan tim bersih-bersih di lokasi juga patut diacungi jempol. Di meja-meja yang tersedia, tim CIF langsung menghampiri untuk mengangkut semua perabot bekas makan dan menyulap meja yang penuh noda jadi cling! Selain itu, keberadaan ruang menyusui dan mushala di area juga memudahkan pengunjung menunaikan kewajibannya. FYI, di waktu magrib yang paling panjang antriannya itu mushala lho =) 

Promosi kekayaan warisan kuliner tanah air yang secara kontinyu disuarakan oleh Arie Parikesit salah satunya. Barangkali inilah magnet kuat yang mengundang publik buat berbondong-bondong memborong jajajan di FJB 2015. Terbukti dari beberapa gerai yang terpaksa tutup lebih awal karena ludes sebelum matahari menuntaskan tugasnya. Warbiyasak!

Promosi #KulinerIndonesiaku bisa lewat kaos 
Saya senang ketika akhirnya jajanan nusantara berhasil menjadi buruan kaum mudanya. Begitu juga ketika ekspansi ke negara tetangga menghantarkan hasil bahwa masakan Indonesia juga bisa mendunia! Apalagi didukung produk budaya seperti film. Oh ya, di FJB 2015 kemarin juga ada obrolan santai bareng Lala Timothy yang mengemas film Indonesia pertama dengan tema kuliner lokal lho!

Ngobrol santai tentang #KulinerIndonesiaku ini nambah wawasan sekaligus bikin ngeces!
IMO, akan lebih menyenangkan lagi jika di gelaran FJB berikutnya obrolan tentang kuliner lokal ini juga diperbanyak sesinya. Sedikit terganggu ketika sesi talkshow bareng Arie Parikesit dan pelaku bisnis kuliner ini berlangsung di ruangan yang terlalu kecil (karena banyak sekali peminatnya ternyata!). Plus lokasinya yang terlalu dekat panggung (yang artinya siap-siap terganggu volume band pengiring hehehe) lumayan jadi polusi suara.

Es Palu Butung termasuk salah satu #KulinerIndonesiaku yang laris 
Baru tau kalo di Semarang ada pindang puyuh enak gini huhuhu...

Ketan Susu yang juga jadi rebutan, waiting list karena ludes menjelang petang
Kejutan apalagi yang akan dibagi FJB di 2016 ya? 

Tuesday, June 30, 2015

Menjala Pahala di Bulan Puasa

Di bulan puasa Ramadan, kebaikan digandakan pahalanya. Jadi, sayang banget kalo empat pekan ini berlalu sia-sia tanpa beramal ya?

Meskipun tidurnya orang puasa konon dinilai ibadah juga, akan lebih baik kalo energinya dialihkan untuk hal positif seperti beres-beres kamar. Nah, kalau kamu menemukan barang bekas nggak terpakai teronggok di sudut rak, alihkan aja buat kemaslahatan umat. Toh kamu nggak akan menjadikan sudut kamarmu sebagai museum kan? 

Caranya gimana?

Barang bekas (baik hasil belanja impulsif ataupun pemberian mantan) punya kamu bisa jadi berkah jika dititip jual lewat OLX. Selama Ramadan ini, OLX punya program #BekasJadiBerkah yang memberdayakan barang-barang bekasmu jadi bantuan buat yang membutuhkan.  Prosedurnya juga nggak susah, iyalah masa mau berbuat baik pake dipersulit sih? Buka link BJB kemudian klik “salurkan bantuan Anda sekarang” 




Selanjutnya, isi form selengkap mungkin termasuk foto barang yang ingin kamu jual. 
Kamu juga bisa memasang iklan lewat aplikasi OLX di Android atau iOS kok, jangan lupa tambahkan tagar #BekasJadiBerkah pada deskripsi iklan. 

Ada tujuh yayasan yang bisa kamu sumbangkan di program #BekasJadiBerkah ini, antara lain Akademi Berbagi dan SMK Itaco yang fokus di pendidikan. Daftar nama lengkapnya bisa kamu lihat di sini ya silakan pilih. 

Eh, ternyata selain berkah buat yang menerima bantuan, program ini juga bagi-bagi hadiah bagi pemasang iklan! Setelah pasang iklan, banyak-banyakin share di semua kanal media sosial kamu biar peluang menang makin gede ya. 



Gimana, siap membuang masa lalu dan mengubah yang #BekasJadiBerkah ?

Tuesday, June 23, 2015

Bekal Buka

Selain nasi dan mi, sepertinya roti adalah sumber karbohidrat yang jadi pilihan kalo lapar ya? Selain bikin kenyang, rasa roti yang cenderung netral membuatnya lebih fleksibel untuk dipadankan dengan apapun. Kalau nasi dan mi bisa dibuat lontong, maka roti tawar atau roti isi adalah pilihan sempurna yang gampang bergonta-ganti pasangan untuk jadi santapan. 

Apa isian roti favorit kamu?

Sebagai #teamasin yang kental kearifan lokal, tentunya saya lebih suka isian roti bernuansa nusantara. Misalnya oncom gitu ya? Tapi nanti jadinya ketuker sama combro dong hehehe... Nah, gimana kalau bakso ayam jadi isian roti? Sempurna kan?

Ini dia yang disajikan dalam roti bakso ayam lansiran sebuah toko kue online bernama Creme31. Produk terbarunya ini memadukan empuknya adonan roti dan bakso ayam yang diolah jadi isian enak dengan taste lokal. Saya sungguh bahagia menemukan bahwa roti bakso ayamnya Creme31 ini memiliki tekstur yang empuk dan--hohoho--isiannya memenuhi 90% body roti! 



Ukuran roti bakso ayam ini juga nggak terlalu besar, kira-kira sepantaran dengan Minions hadiah dari resto cepat saji itu deh. Pas kan? Nggak terlalu ngenyangin dan nggak malu-maluin kalo mau nambah porsi hahaha....

Diantar sesaat setelah dibuat (makanya pas nyampe masih anget banget!), Creme31 nggak pelit isian. Begitu dicuil, tumisan bakso-ayam menyeruak dari balik gigitan. Karena saya penyuka pedas, menambahkan sedikit saos sambal atau chili flakes sebagai variasi memanjakan lidah akan memperkaya rasanya. Berhubung kiriman datang di hari menjelang Ramadan, dua potong roti isi bakso ayam ini saya save buat sahur dong. Dan cukup memberi energi untuk seharian! 


Minions aja rebutan! 

Usul saya sih, Creme31 mengurangi kadar manis dalam isian. Atau bikin beberapa versi yang manis dan yang asin gitu. Mudah-mudahan sih nanti keluar versi kari sapi atau ayam suwir pedas, kenapa nggak?


Siap pesan antar! 
Buat yang nyari menu buka puasa atau mau kasih bingkisan lebaran yang beda, bisa pesan roti isi bakso ayam ini di toko kue online ini ya.... Jangan lupa kirim satu dus ke kantor saya hehehe (^__^)

Friday, June 12, 2015

Ngebut Tanpa Benjut

Kalo lagi buru-buru di jalan, memang nggak dianjurkan buat ngebut karena berisiko benjut seperti kata papan notifikasi yang dipajang di tikungan. Tapi urusan kerjaan yang berhubungan sama internet, kecepatan sepertinya pertimbangan utama sebelum memilih piranti atau koneksi ya?



Menjawab maunya kebanyakan dari kita yang pengen serba cepat, 9 Juni kemarin Smartfren meluncurkan lagi satu ponsel dengan kemampuan mumpuni. Rangkaian Smartfren Andromax 4G LTE ini memang dibekali spesifikasi kece yang memungkinkan buat kebut-kebutan macam mobil-mobil keren di Fast & Furious. 

Ada tiga seri yang diperkenalkan yaitu E, Q, dan R semua-muanya #go4Gready dengan harga sungguh bikin ngeces. Iya, seperti biasa Smartfren emang menawarkan teknologi kekinian yang ramah kantong. Dengan harga di rentang 900ribuan sampai 1,5jutaan aja rasanya nggak akan bikin THR kamu ludes ya? 

Pilih sesuai kemampuan kantong.... 
Secara teknis, Andromax 4G termurah yang diwakili seri E udah dibenamkan prosesor 1,2 GHz Snapdragon 410 dan memori 1GB RAM plus 8GB ROM. Urusan selfie, terwakililah dengan adanya kamera depan-belakang berkekuatan 2MP hingga 5MP. Dan biar makin kekinian, sistem operasi Android Lolipop juga udah disertai dalam semua rangkaian Andromax 4G ini. Tsakep! 

Gak puas dengan kapasitas yang kurang lega? Tambahin aja micro SD card yang mendukung sampe 32GB. Dan tentu saja fitur dual SIM membuat kita gak perlu repot ganti nomor. Saya sendiri lebih sering mengoptimalkan Smartfren buat internetan. Bisa banget diandalin ketika musti revisi kerja di luar kantor. 

Udah pengen banget? Coba weekend ini kamu ke Indonesia Cellular Show di JCC karena Andromax udah nunggu di sana. Dan, biasanya kalo lagi pameran gitu bonusnya banyak di luar bonus data yang bergiga-giga sebagai default kebaikan hati Smartfren hehehe.... 

 

Popular Posts