Belajar Foto Bersama kak Nico


Buat seorang sista online shop, keindahan karya foto di etalase bernama instagram atau marketplace itu penting. Seperti ruang pajang toko, akun instagram online shop adalah pemikat yang menarik pembeli untuk kemudian bertransaksi. Bahasa kerennya sih ada call-to-action. Tentu saja, untuk menghasilkan gambar indah yang "menjual" juga bukan perkara gampang. Salah dua akun instagram yang saya suka karena menyajikan keindahan tanpa membuat akun terlihat seperti toko di ITC (yang SPG-nya sibuk teriak-teriak bikin ilfeel) adalah Otten Coffee dan KALA Watch

Demi menghasilkan foto produk yang paripurna, #kelasRelawan Akber Jakarta di libur Natal kemarin mengangkat tema ini. Gurunya juga dari salah satu relawan veteran alias mantan kepsek Akber Jogja yang kepiawaiannya seputar urusan jepret-jepret gak diragukan lagi. Inilah dia Nico Wijaya... *tabur-tabur kelopak mawar*

No filter, no edit, apa adanya. Adanya apa? 
Berlokasi di rumah ibu founder Akademi Berbagi yang cukup strategis (akses ke tukang jajan banyak!), kelas relawan ini memang dibatasi pengikutnya. Biar lebih intens ceritanya. Rencananya sih cuma dua jam, tapi melar sampe mendekati sore hahaha.....

Bersenjatakan kamera mirrorless, DSLR, dan ponsel relawan yang berasal dari segala penjuru kawasan rural (halah mau bilang Bekasi sama Depok aja panjang yak) ini memang didesain ala ala workshop. Selain teknik fotografi dan pengenalan istilah dasar pada kamera, pengaturan obyek juga diajari di kelas ini.

Bukan Ivan Gunawan

Workshop ini dibuat dua sesi: pemotretan luar ruang dengan pencahayaan alami dari matahari dan dalam ruang bermodalkan lampu. Setiap kali kelar jepret-jepret, hasilnya langsung didiskusikan rame-rame. Kak Nico ini macam pak Tino Sidin yang gak pernah bilang jelek ke hasil karya kami....

Kata kak Nico: "Bagus.... bagus..."

Meski bukan belum menjadi sista online shop, tapi workshop ini berguna banget buat saya dalam melengkapi portofolio sebagai narablog. Mau liat hasil jepretannya? Ini dia:

Mannequin challenge

 
Beloved preloved, minat sis?
Oh ya, selain mengasah keahlian fotografi relawan kelas ini juga bertujuan buat merekam gambar dari beberapa barang yang akan dijual untuk fundraising Akademi Berbagi. Sebagian besar barangnya berasal dari para relawan, termasuk founder. Gak sedikit branded items yang tercatat di sini. Nah, kalo kamu pengen tau apa aja isinya bisa lho langsung buka di instagram @BelanjaBerbagi

Let's shop and donate

Belanja bikin happy! 

Share on Google Plus

About Retno Wulandari

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

7 comments:

Nico said...

yeeeaay.. semoga bisa menghasilkan foto baguuus

Retno Wulandari said...

Terima kasih ilmunya kak, tapi di bagian komposisi belum mahir sayah. Bikin lagi dong!

Linda Leenk said...

pingin ikutan diajarin nico :(

Timo said...

Wah, jadi cakep gitu ya mannequin-nya :D
Mau diajarin kak Nico donggggg :3

Retno Wulandari said...

@timo mau jadi manekin?

Ajeng Lembayung said...

Jadi kapan Kak Nicio ngajarin kita foto-foto? Kaya yang kemarin dibahas di MidTown itu.. :')

snydez said...

waahh
kapan nih ada kelas untuk umumnya?